MEMANG TERANG DAN GELAP TIDAK DAPAT BERSATU


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 Coretan kecil untuk keluargaku di Tim Pendamping Ipb,

“Bagaimanakah terang dan gelap dapat bersatu?” Memang terang dan gelap tidak akan pernah bersatu. Itu (memang) kenyataannya.

Namun ada satu hal yang sangat mengganggu saya dari pernyataan di atas. Seakan-akan kita dipisahkan oleh sekat yang sangat kuat dan sangat membelenggu, antara satu kubu dengan kubu yang lain. Kesan permusuhan (abadi) bahkan menjadi sangat kental. Terang seolah-olah menjadi lebih hebat daripada gelap. Gelap laksana penyakit kutukan yang tidak dapat disembuhkan bahkan tidak ada obatnya.

Pertanyaan selanjutnya, saya termasuk golongan mana? Siapa yang mengangkat saya termasuk di dalam golongan itu? (Mungkin saja) Anda atau saya beruntung dan bangga bisa termasuk dalam golongan terang. Namun bagaimana jika Anda atau saya termasuk dalam golongan gelap. Mungkin dalam hati Anda akan menganggap itu adalah kutukan.

Hal yang ingin saya sampaikan yaitu, jangan egois! Tidak perlu terlalu bangga dengan terang yang Anda miliki, atau bahkan semakin terpuruk karena gelap yang semakin tebal yang tidak kunjung pergi dari diri kita. Mari kita mulai berbenah, memecahkan sekat pemisah yang tebal dan kuat dengan cinta dan kasih yang memang sudah ada sejak kita lahir. Cinta dan kasih yang berasal dari Sang Pemberi Hidup.

Saat sang terang mulai mendatangi si gelap, dengan memancarkan sinar dan cahaya yang lembut, sementara sang gelap mulai mengurangi kegelapannya dan menyadari kesalahannya, dan membutuhkan keseimbangan. Saat itu, Harmoni indah pasti tercapai.

Memang, tidak perlu menunggu terang dan gelap bersatu dahulu untuk membentuk harmoni indah. Harmoni adalah keselarasan, mari kita ciptakan sekarang.

Yasmita Pratama


Ps : Jika ingin artikel Anda dimuat di situs Tim Pendamping IPB silakan kirimkan artikel Anda ke :
me@cahyohanendyo.com
You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “MEMANG TERANG DAN GELAP TIDAK DAPAT BERSATU”

  1. RIO 44 says:

    terang dan gelap: dua sisi yang berbeda,namun dapat disatukan.Contoh…
    jika terang sbagai cahaya,maka gelap akan dikalahkan.
    jika terang sbagai air jernih dan gelap sbagai air keruh,gelap akan mencemari yang terang,tetapi yang gelap akan sedikit lebih terang…
    tapi kalau cat tembok gelap dan terang digabungkan,catnya akan buran,suram.inilah pribadi yang berada dalam kebimbangan.mau gelap atau terang?

Leave a Reply

Psssttt!!! Temenmu mampir kesini pake kata kunci ini lho:

Powered by WordPress | Belajar WordPress | Kursus Seo | Souvenir Pernikahan | Peluang Usaha